1. Pengertian
Evaluasi
ü (Prof. Dr. Anas Sudijono)
Evaluasi
pendidikan adalah :
·
Proses/kegiatan untuk menentukan
kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan.
·
Usaha untuk memperoleh informasi berupa
umpan balik (feed back) bagi penyempurnaan pendidikan.
ü Evaluasi diartikan
sebagai suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari
suatu obyek.
Menurut pendapat Hamalik (2006: 159), evaluasi hasil belajar
adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi),
pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat
hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan
belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
ü (Drs.
H. Daryanto)
Evaluasi
adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam
kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana
tingkat perubahan dalam pribadi siswa.
2. Makna
Pengukuran dan Makna Penilaian
ü (Prof.
Dr. Anas Sudijono)
Mengukur
adalah membandingkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu.
Menilai
adalah mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau
berpegang pada ukuran baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh dan
sebagainya.
ü (Prof.
Dr. Suharsimi Arikunto)
Mengukur
adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat
kuantitatif.
Menilai
adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk.
Penilaian bersifat kualitatif.
3. Manfaat
Evaluasi Pembelajaran
ü Bagi siswa:
Siswa dapat mengetahui sejauh mana
dia telah berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru.
ü Bagi guru:
·
Guru akan mengetahui siswa-siswa
mana yang sudah menguasai bahan pelajarannya.
·
Guru akan mengetahui apakah materi
yang diajarkan sudah tepat bagi siswa.
·
Guru akan mengetahui apakah metode
yang diberikan sudah tepat atau belum.
ü Bagi sekolah:
·
Dengan evaluasi dapat diketahui
kondisi belajar yang dilangsungkan di sekolah.
·
Informasi guru tentang tepat
tidaknya kurikulum sekolah dapat merupakan bahan pertimbangan bagi perencanaan
sekolah untuk masa-masa yang akan dating.
·
Informasi hasil penilaian yang
diperoleh dari tahun ke tahun dapat digunakan sebagai pedoman bagi sekolah,
yang dilakukan oleh sekolah sudah memenuhi standart atau belum. Pemenuhan
standart akan terlihat dari bagusnya angka-angka yang diperoleh.
4. Jenis-Jenis
Evaluasi
ü Berdasarkan
tujuan :
·
Evaluasi
diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan untuk
menelaah kelemahan-kelemahan siswa
beserta faktor-faktor penyebabnya.
·
Evaluasi
selektif adalah evaluasi yang di gunakan untuk
memilih siwa yang paling tepat sesuai
dengan kriteria program kegiatan tertentu.
·
Evaluasi
penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk
menempatkan siswa dalam program
pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
·
Evaluasi formatif
adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan
mengajar.
·
Evaluasi
sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk
menentukan hasil dan kemajuan bekajra
siswa.
ü Berdasarkan
sasaran :
·
Evaluasi konteks, yang ditujukan untuk konteks
program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun
kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan.
·
Evaluasi
input, yang diarahkan untuk mengetahui input
baik sumber daya maupun strategi yang
digunakan untuk mencapai tujuan.
·
Evaluasi proses, yang di tujukan
untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kalancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukun dan
faktor hambatan yang muncul dalam proses
pelaksanaan, dan sejenisnya.
·
Evaluasi Hasil
atau produk, yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai
dasar untuk menentukan keputusan akhir,
diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau
dihentikan.
·
Evaluasi outcom atau lulusan, yang diarahkan
untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yankni evaluasi lulusan setelah
terjun ke masyarakat.
ü Berdasarkan
lingkup kegiatan pembelajaran
·
Evaluasi program pembelajaran, yang mencakup
terhadap tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar
mengajar, aspe-aspek program pembelajaran yang lain.
·
Evaluasi proses pembelajaran, yang mencakup
kesesuaian antara peoses pembelajaran dengan garis-garis besar program
pembelajaran yang di tetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
·
Evaluasi hasil
pembelajaran, hasil belajar mencakup
tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan
pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik.
ü Berdasarkan objek dan subjek evaluasi :
·
Evaluasi input adalah evaluasi terhadap siswa
mencakup kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan.
·
Evaluasi transformasi adalah evaluasi terhadao
unsur-unsur transformasi proses pembelajaran anatara lain materi, media, metode
dan lain-lain.
·
Evaluasi output adalah evaluasi terhadap lulusan
yang mengacu pada ketercapaian hasil pembelajaran.
ü Berdasarkan
subjek :
·
Evaluasi internal
adalah evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam
sekolah sebagai evaluator, misalnya guru.
·
Evaluasi eksternal adalah evaluasi yang
dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator, misalnya orangtua,
masyarakat.
5. Evaluasi
Hasil Belajar
ü Menurut Dimyati dan Mujiono, evaluasi hasil belajar
menekankan kepada diperolehnya informasi mengenai seberapakah perolehan siswa
dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.
6. Teknik
Evaluasi
ü (Drs.
H. Daryanto)
Teknik
non tes
·
Skala bertingkat (rating scale) menggambarkan suatu nilai yang berbentuk angka
terhadap suatu hasil pertimbangan
· Kuesioner
(questionaire) adalah sebuah daftar
pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur (responden).
· Daftar
cocok (check list) adalah deretan
pernyataan (yang biasanya singkat-singkat), dimana responden yang dievaluasi
tinggal membubuhkan tanda cocok ditempat yang sudah disediakan.
· Wawancara
(interview) adalah suatu cara yang
digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan jalan Tanya jawab
sepihak.
· Pengamatan
(observation) adalah suatu teknik
yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan
secara sistematis.
· Riwayat
hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama dalam masa kehidupannya.
Teknik
tes
Didalam
bukunya yang berjudul evaluasi pendidikan,
Drs. Amir Daien Indrakusuma mengatakan demikian :”Tes adalah suatu alat atau
prosedur yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data-data atau
keterangan-keterangan yang diinginkan tentang seseorang, dengan cara yang boleh
dikatakan tepat dan cepat.”
Description: Evaluasi Pembelajaran
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown -
ItemReviewed: Evaluasi Pembelajaran
0 comments:
Post a Comment