1. Ki Hajar Dewantara
Pendidikan
yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Adapun maksudnya, pendidikan
yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka
sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan
dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
2. Carter V.Good
a. Seni, praktik, atau
profesi pengajar.
b. Ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan
dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid;
dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan.
3. J.J. Rousseau
Pendidikan adalah
memberi kita perbekalan yang ada pada masa kanak-kanak sampai remaja yang
nantinya akan dibutuhkan pada saat kita dewasa nanti.
4. M. J. Langeveld (Belanda)
Pendidikan adalah setiap pergaulan yang
terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan
anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu
berlangsung.
5. Prof. Dr. John Dewey (Amerika)
Pendidikan adalah proses
pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional
kearah alam dan sesama manusia.
6. Thomas Armstong, Ph.D (Amerika)
Pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar
dimasa mendatang dan pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan
pada guruatau bidang muatan.
Ada 2 konsep pendidikan menurut Thomas Armstong, Ph.D berdasarkan pandangannya terhadap filsafat
ilmu, yaitu
a.
Pendidikan yang intinya mendidik dan mengajar
ialah pertemuan antara guru sebagaisubjek dan siswa sebagai subjek pula dimana
terjadi pemberian bantuan kepada pihak yang belakangan dalam upayanya belajar
mencapai kemandirian dalam batas-batas yang diberikanoleh dunia di sekitarnya.
Atas dasar pandangan filsafat yang bersifat dialogis ini maka 3
dasarantropologis berlaku universal tidak hanya (1) sosialitas dan (2)
individualitas, melainkan juga(3) moralitas.
b.
Ontology dalam ilmu membahas secara jelas batas-batas daerah
penjelajahan ilmu. Agarpendidikan dalam praktik terbebas dari keragu-raguan,
maka objek formal ilmu pendidikandibatasi pada manusia seutuhnya di dalam
fenomena atau situasi pendidikan.
7. Ivan Illich
Sebuah sekolah hanyalah merupakan belenggu dan jeruji besi
yang menghalangi kebebasan anak manusia dalam meraih kehidupannya.
8. Brubacher
Pendidikan harus difikirkan sebagai proses
penyesuaian timbal balik manusia dengan alam, dengan manusia lain, dan akhirnya
terhadap alam raya ini.
9. Prof.
Herman H. Horn
Pendidikan adalah proses yang terus
menerus (abadi) dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah
berkembang secara fisk dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti
termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari
manusia.
10. Frederick J. Mc
Donald
Pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan yang
diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Yang dimaksud dengan
behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang, sesuatu yang dilakukan
oleh sesorang.
Description: Tokoh-Tokoh Pendidikan
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown -
ItemReviewed: Tokoh-Tokoh Pendidikan
0 comments:
Post a Comment